Contoh Resensi Novel 5 CM berserta kelebihan dan kekurangan

Resensi Novel 5 CM 

 

 
Identitas
Judul                           : 5 cm
Pengarang                   : Donny Dhirgantoro
Penerbit                       : PT. Grasindo
Tahun Terbit               : 2007
Ketebalan buku           : 381 halaman

Pendahuluan
Impian Donny Dhirgantoro untuk membuat sebuah buku akhirnya tercapai. Buku berjudul 5 Cm, yang ia tulis selama tiga bulan, itu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Novel 5 Cm yang kemudian difilmkan itu menceritakan persahabatan lima muda-mudi, termasuk kisah mereka naik gunung. Novel itu sudah masuk cetakan ke- 30 dan terjual sebanyak 150.000 eksemplar. Dan, walau novel 5 Cm sudah diterbitkan delapan tahun lalu, orang masih terus mencarinya sehingga penerbit buku Grasindo memberi logo ”National Mega Best Seller” di novel itu.
Donny yang sejak kecil punya hobi membaca, menulis, dan membuat puisi itu hanya berbekal nekat. Diimbangi kerja keras dan kuatnya niat untuk membuat sebuah buku, ia memutuskan keluar dari pekerjaannya di sebuah bank swasta nasional.
“Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis novel 5 Cm? (Nisa Andriyani, Jakarta Selatan)
Saya suka membaca, waktu kecil Papa saya juga punya taman bacaan di rumah. Saya sering ke toko buku. Suatu hari, tahun 2003, di toko buku Gramedia Blok M, saya melihat tumpukan buku-buku baru dan saya bilang sama diri saya sendiri, ”Suatu hari saya ingin melihat buku saya sendiri di antara tumpukan buku baru itu.” Akhir 2004 saya mulai menulis 5 Cm. Selesai sekitar tiga bulan lebih, tetapi menulisnya setiap hari dari jam 08.00 pagi sampai jam 12 malam. Saat itu saya merasakan semangat yang luar biasa untuk menyelesaikan 5 Cm. Impian saya untuk punya buku sendiri harus terwujud.

Ringkasan
Novel 5 cm ini bercerita mengenai lima orang sahabat dan mereka telah bersahabat selama kurang lebih dari tujuh tahun, lima orang tersebut di antaranya Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Mereka sangat kompak, dan memiliki impian masing-masing, saking kompaknya mereka selalu berpergian bersama-sama kemanapun mereka pergi. Berhubung mereka bosan karena sering bertemu setiap harus, akhirnya mereka memutuskan untuk tidak saling komunikasi dan berpisah selama tiga bulan lamanya.
Setelah tiga bulan lamanya, banyak hal yang berubah seperti Arial yang jatuh cinta pada temen fitnesnya, Riani yang sukses di tempat kerja, Ian yang sukses mengerjakan skripsi, Genta yang sukses pada EO pameran dan yang terakhir Zafran yang tergila-gila dengan Arinda. Setelah tiga bulan tidak bertemu, akhirnya kelima sahabat tersebut memutuskan untuk bertemu kembali dengan sebuah reuni yaitu dengan mendaki gunung mahameru.
Novel 5 cm memiliki unsur intrinsik yaitu tema tentang persahabatan 5 pemuda dengan sifat dan impian yang berbeda, latar belakang dari novel ini Stasiun kereta api Senen, Stasiun Lempuyungan, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan Puncak Mahameru. Untuk waktu pagi sampai malam, suasana yang ada yaitu menggunakan alur maju mundur yaitu adanya flashback ke masa lalu.
Selanjutanya penokohan, tokoh-tokoh yang ada pada novel ini yaitu Arial si proa ganteng bertubuh atletis, Riani gadis cantik, cerdas dan berprestasi, Zafran seorang pria kurus anak band pandai membuat puisi, Ian seorang penggemar bola, suka makan mie, dan penggemar artis Happy Salma, dan yang terakhir Genta merupakan seorang aktivis kampus.

Keunggulan
Novel ini memiliki keunggulan yaitu bisa dilihat dari kata-katanya yang penuh dengan inspirasi dalam menjalankan kehidupan. Gaya bahasa yang disajikan menggunakan yang mudah dimengerti oleh pembaca, untuk unsur amanat contohnya yaitu Sahabat yang sejati, ialah sahabat yang selalu pengertian dan perhatian kepada kita.

Kekurangan
Kekurangan novel ini yaitu di akhir cerita yang begitu memaksakan, serta keturunan mereka yang mempunyai sifat yang sama.

Penutup
Novel ini layak dibaca semua kalangan, khususnya mahasiswa. Hal itu karena tokoh dan latar novel ini sangat khas mahasiswa. Terlebih lagi, para mahasiswa pecinta alam wajib membaca novel ini karena akan memberi inspirasi bagaimana menikmati alam dengan bijak.

Kreasibantul Ayo join bersama kami dalam berkarya. Hubungi kami Facebook : Kreasi Bantul http://www.facebook.com/kreasibantul Instagram : @kreasibantul http://www.instagram.com/kreasibantul Blog : http://www.kreasibantul.blogspot.com

0 Response to "Contoh Resensi Novel 5 CM berserta kelebihan dan kekurangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel